5 Tips Menyambut Super Long Weekend

f8ff8497-d01a-403e-a4fb-4560899f9344_169

 

Minggu ini begitu spesial. Kita semua cuma bekerja 3 hari, kemudian ada 4 hari libur menunggu. Menyambut super long weekend ini, ketahuilah dulu tips-tipsnya.

5-8 Mei 2016 akan menjadi pesta liburan bagi banyak orang karena long weekend yang sangat panjang. Banyak yang berencana liburan ke berbagai kota, bahkan ke luar negeri.

Namun, jangan asal liburan saja. Ada sejumlah persiapan dan tips untuk menjalani liburan kali ini, karena ada jutaan orang lain yang akan liburan bersama Anda. Dihimpun detikTravel, Senin (2/5/2016) inilah 5 tips menyambut super long weekend:

1. Mencicil packing sejak sekarang

Persiapannya sudah tidak banyak waktu lagi. Tanggal 5 Mei alias 3 hari lagi, liburan sudah dimulai. Cicillah packing sejak sekarang.

Keluarkan koper dan ransel Anda, benda-benda apa yang kira-kira sudah bisa masuk duluan ke dalam koper dan ransel. Sambil kemudian membuat check list barang yang baik.

Jangan sampai tergesa-gesa melakukan packing, sampai ada barang yang ketinggalan. Ingat ini liburan 4 hari lho, persiapkan baik-baik.

2. Awas macet, siapkan rute alternatif

Jutaan orang di berbagai kota di Indonesia akan liburan bersama. Siap-siap saja menjumpai kemacetan ala-ala Lebaran.

Oleh karena itu, jika Anda menempuh jalan darat, siapkan rute alternatif atau Anda pejalari jam-jam sepi untuk melintas.

Berbagai aplikasi pemantau jalan raya bisa dimanfaatkan untuk membantu mobilitas Anda menuju ke tempat liburan.

3. Cari destinasi anti mainstream

Destinasi wisata populer di suatu kota tujuan long weekend, pasti kebanjiran wisatawan. Siap-siap saja menjumpai kondisi penuh sesak.

Ada baiknya Anda juga mencari sejumlah destinasi anti mainstream atau hidden gem yang relatif sepi. Bukankah kita semua ingin suasana liburan yang tenang?

Atau jalan tengahnya, Anda bisa mengkombinasikan destinasi mainstream karena itu wajib dikunjungi. Tapi selebihnya, kita menjelajah tempat-tempat yang lebih sepi.

Baca-baca saja artikel detikTravel, karena seringkali membahas tempat-tempat baru seperti pantai sepi atau destinasi anti mainstream di DI Yogyakarta, di Pulau Bali, atau bahkan di Jakarta.

4. Banyak sabar, dibawa happy

Liburan long weekend bersama jutaan orang lain artinya kita harus siap mental. Bertemu jalan macet, sabar. Antrean panjang di objek wisata, sabar. Kehabisan wisata kuliner, ya sabar juga.

Percuma kalau marah-marah. Anda cuma buang-buang energi saja, karena beginilah situasi saat puncak liburan.

Dibawa happy saja, ambil positifnya. Jalanan macet artinya Anda bisa memperhatikan suasana jalanan yang siapa tahu punya pemandangan menarik. Pintar-pintarnya menjaga mood dalam grup liburan Anda.

5. Rajin pantau kondisi di kota destinasi

Selama berada di kota destinasi, rajin-rajinlah memantau kondisi lewat aplikasi, sebelum memulai perjalanan di pagi hari. Mungkin di berita online ada pantauan lalu lintas.

Dari aplikasi, mungkin ada info kecelakaan. Dari situ, kita bisa membuat strategi terkait itinerary liburan kita hari itu. Tetap sesuai rencana atau ada yang ditukar demi perjalanan yang efektif dan efisien.

Liburan saat super long weekend, artinya kita harus siap menjadi fleksibel. Ingat, kita ingin liburan yang maksimal. Hal itu sangat mungkin ketika kita tahu tips dan triknya.

 

(sumber: detik.com)

About the Author

Leave a Reply